Sunday, March 29, 2009

Bagaimana membedakan raket badminton (yonex) yang asli (Jepang) dan yang palsu (Taiwan/ Cina)?

Raket Yonex memang ada ciri2-nya untuk membedakan asli atau palsu, tapi tidak semua yang asli made in Japan, jadi tergantung tipenya. Yonex buatan Taiwan atau China belum tentu palsu walaupun harganya miring (khususnya untuk jenis yang sudah lama), karena secara resmi Yonex Jepang dulunya memberi lisensi ke Taiwan dan China untuk mengeluarkan beberapa tipe MP, Carbonex atau Isometric. Jadi kenalilah dulu tipe2 yang dikeluarkan Yonex made in Japan seperti MP33 ke atas, Armortec, Titanium, NS, dll. 
 
Sekarang Yonex Jepang hanya memberikan lisensi kepada Sunrise Singapore, agen penyalur resmi Yonex untuk beberapa wilayah Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia, sebagaimana tertera di stiker hologram emas Sunrise. Hologram Sunrise sekarang sudah banyak yang menirunya, tapi bisa dilihat yang asli akan menimbulkan banyak logo seperti logo genuine, tahun produksi, orang menari dan lainnya. 

Perbedaan yang asli dan yang palsu juga bisa dilihat dari nomor serinya. Ada nomor seri di batangnya, di bawah atau di atas grip. Nomor serinya dicetak seperti bentuk titik-titik yang masuk ke dalam. Untuk yang palsu selama ini belum bisa meniru model hologram asli tersebut. Di belakang nomor seri ada tulisan SP yang artinya Yonex dari Singapore, yaitu khusus produk Yonex yang dipasok dari Jepang untuk Asia Tenggara yang didistribusikan oleh Sunrise Singapore. Jadi Sunrise hanya distributor saja bukan produsen. Di tas raketnya ada nomor seri juga dan punya sarung raket selain tas itu. Yonex asli biasanya dikasih sertifikat dari Yonex dan PBSI. 

Jangan terkecoh dengan tarikan maksimum. Yonex palsu sekarang juga bisa ditarik sampai 30 tapi anyamannya dari tengah bukan dari atas bawah seperti yang asli. Sebaiknya hanya membeli Yonex di toko2 besar yang menjadi authorized dealernya.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes